terça-feira, 7 de maio de 2013

A árvore generosa em Indonésio (tradução do Google - com certeza tem erros!!!)


The Giving Tree


Setelah ada pohon yang mencintai anak laki-laki.
Dan setiap hari, anak itu datang dan bergabung daun mereka. Dan mereka membuat mahkota raja. Dan dengan pohon, bermain raja hutan. Naik ke batang tebal, berayun pada cabang-cabangnya! Makan buahnya.
dan ketika ia mendapat anak laki-laki lelah beristirahat di tempat teduh yang dingin.
Anak itu mencintai pohon mendalam.
Dan pohon senang! Tapi waktu berlalu dan anak itu dibesarkan!
Suatu hari, anak itu datang dan berkata pohon:
"Boy, datang dan memanjat batang saya dan berayun dari cabang-cabang saya, untuk duduk di tempat teduh saya dan bahagia!"
"Saya sudah terlalu tua untuk bermain," jawab anak itu. "Saya ingin membeli banyak hal. Anda memiliki uang, Anda dapat menawarkan saya?"
"Maaf," kata pohon apel, "Saya tidak punya uang. Ringan Tetapi anak buah. Go menjualnya di kota, maka Anda punya uang dan Anda akan bahagia!"
Dan anak itu memanjat batang, menuai buah-buahan dan membawa mereka pergi.
Dan pohon senang!

Tapi anak itu pergi lama ... Dan pohon itu sedih lagi.
Suatu hari, anak itu kembali dan pohon itu mengguncang sukacita, dan berkata, "Ayo, Nak, datang dan memanjat batang saya dan ayunan dari cabang-cabang saya dan bahagia."
"Saya terlalu sibuk untuk memanjat pohon," kata anak itu. "Saya ingin seorang istri, saya ingin memiliki anak-anak dan perlu bahwa saya memiliki rumah. Anda memiliki rumah untuk menawarkan saya?"
"Aku tak punya rumah," kata pohon apel. "Tapi cabang memotong saya, melakukan pekerjaan rumah Anda dan menjadi bahagia."
Anak itu cepat memotong cabang-cabang pohon dan membawa mereka pergi untuk membuat rumah.
Dan pohon senang!

Anak itu tinggal pergi untuk waktu yang sangat lama, dan hari itu datang, pohon itu bahagia, sukacita yang begitu besar sehingga ia hampir tidak bisa bicara.
"Ayo, ayo, Nak," bisiknya, "datang bermain!"
"Saya sudah terlalu tua untuk bermain," kata anak itu, "dan saya juga sangat sedih." "Saya ingin perahu yang sedikit membawa saya jauh. Setiap perahu yang dapat menawarkan saya?"
"Kurangi bagasi saya dan membuat perahu Anda," kata pohon apel. "Perjalanan pergi dan bahagia!"
Anak itu memotong batang pohon, membuat perahu dan bepergian.
Dan pohon senang, tapi tidak terlalu banyak!

Banyak kemudian, anak itu kembali.
"Maaf Nak," kata pohon apel. "Aku punya apa-apa untuk menawarkan. Buah yang hilang."
"Gigi saya terlalu lemah untuk buah," kata anak itu.
"Lewatlah cabang untuk mempengaruhi Anda," kata pohon apel.
"Saya tidak cukup tua untuk mempengaruhi saya," kata anak itu.
"Tidak ada lagi batang bagi Anda untuk memanjat," kata pohon aa.
"Saya sangat lelah dan aku tidak tahu pergi," kata anak itu.
"Saya berharap saya punya apa-apa untuk menawarkan," desah pohon. "Tapi tidak ada yang tersisa dan aku hanya sentuhan hambar. Maaf ..."
"Saya tidak ingin banyak," kata anak itu, "hanya tempat yang tenang untuk duduk, karena aku sangat lelah."
"Yah," kata Pohon, dipenuhi dengan sukacita. "Aku hanya tunggul, tapi tunggul sangat berguna untuk duduk dan beristirahat.
Ayo, Boy, cepat, duduk pada saya dan beristirahat. "
Itulah yang anak itu lakukan.
Dan pohon itu bahagia.

[Shel Silvertein, Diadaptasi oleh Fernando Sabino]

Nenhum comentário:

Postar um comentário